Kamis, 23 Juni 2011

Bersepeda Itu (Seharusnya) FUN bukan bikin STRESS : Panduan Sederhana Turing & Jalan Miring

 
Berawal dari pertanyaan seorang rekan di milis b2w-tangerang@yahoogroups.com dengan subject : Mohon Tips Gowess Doyong ( OOT )

Dear all Ranger :
Sejak gabung dgn Ranger,saya sering diajak doyong/gowess miring oleh para jawara-jawara doyong,karena merasa belum mampu maka saya sering menolak dgn alasan ini dan itu, karena saya masih nubie banget dlm hal ini maka dengan ini ijinkan saya u/ menanyakan hal2 sbb:
  1. Apa saja persiapannya
  2. Apa saja trik2 mainin shifther
  3. Bagaimana tips menyiasati kram
  4. Bagaimana tips biar gowess tetep fun
Terima kasih,,,,,!
*Salam pengin doyong*
Berhubung subjeknya aja seolah ngajak keluar dari topik ya tanggapannya banyak lutju2 menjengkelkan hahahaha.
Tak apalah just intermezzo, buat mengusir kepenatan hidup.
Lantas aku coba bantu memberikan tips yang selama ini aku pake saat gowes bego bin autis, saat turing n gowes jalan miring kemana aja khususnya jarak lumayan seperti ke Bandung sorangan bae kemarin :
  1. Persiapan gowes turing atau jalanan miring : pertama2 sudah pasti duit (doku/money/fulus) yg mangpaatnya sangat banyak,setelah itu "baju ganti" kalo nggak mau masuk angin sehabis gembroyos keringetan, sarung buat sholat (utk muslim) bisa juga untuk kemulan bila nginep, yg ini emang musti siap yakni "sepeda, tool serta ban serep, semua itu ndak ada gunanya bila tidak ada "persiapan fisik" tentu saja - nah untuk ngelatih fisik ini gampang kok, coba saja kemana-mana naek sepeda biar kaki terbiasa memutar gowesan sepeda, sukur2 tiap periode sekali ya rutin latihan 'ketahanan' (endurance) mis : 1/2/3 x seminggu b2w atau lebih sesuai kemampuan.
  2. Enggak ada trik shifting khusus, itu hanya masalah kebiasaan saja alias reflek saja kalo "tanjakan landai" - jk feeling kita msh merasa kuat pake gir depan tengah & gir blankang tengah - ya jabanin saja, ntar juga secara reflek kita bakalan nurunin/shifting ke gir depan kecil & gir blakang gede bila "tanjakan sudah curam", selanjutnya bila ndak kuat gowes nanjak (jalan miring) lagi ya "pitstop saja" - cari warung trus istirohat / nglekar sejenak, kalo merasa semakin ndak kuat ya "ttb" saja atau ngojek atau ngangkot, ndak usah malu lha wong kita bkn artis eh atlit.
  3. Nah kalo kita keram ya gak ada yg perlu disiasatin, kalo keram ya langsung saja berhenti lantas istirahat terus usahakan meng-urut bagian tubuh yg keram (biasanya kaki) pake minyak GPU- gosok, pijit, urut atau sebangsanya, kalo ternyata setelah itu masih bolak balik keram ya evakuasi saja pake ojek, angkot ndak usah maksain diri. Tapi kalo ditanya persiapan biar gowes ndak kram ya tentunya kita bisa lakukan : pemanasan - strecing; lantas persiapan yg laen jangan lupa bawa air garem dan diminum setiap 15mnt interval (selang seling) dng air putih - kalo males ya beli mijon atau sebangsanya jg boleh; jangan lupa sebelum gowes, gosok dulu kaki dng minyak GPU atau sebangsanya; jangan lupa berdo'a biar ndak kram - nggak perlu takabur mentang2 merasa diri kita kuat - sapa tau pas kena apes; nah bila ada gejala2 mau keram ya langsung aja berhenti / pitstop saja, sukur2 ada yg nawarin vila eh pijat syariah.
  4. Nah ini yg penting untuk diinget, pada dasarnya kita GOWES (entah ke kantor; mau turing atau gowes jalan miring dll) ITU (SEHARUSNYA) FUN bukan malah bikin stress. Kalo rutenya jarak jauh : gak usah bawa cyclo meter (aku malah gak punya) takut terobsesi sama jarak dan kecepatan, yg ada bila merasa jarak masih jauh dan gowes kita slow but suwe ya malah stress (saran : tinggal saja cyclo anda di rumah). Kalo kita mau gowes jalan miring dan ternyata jalan miring (tanjakan)-nya curam : Ndak perlu selalu melihat tanjakannya (mungkin seolah gak ada putusnya dan masih jauh) malah bikin mental break down atawa malah bikin stres dan mutung gowes; saran kecil saat gowes nanjak liatin aja putaran (pelan) ban depan atau crank kita dan bukan ban (belakang) temennya yg kuat nanjak dan ninggalin jauh kita, nikmati hah heh hoh suara napas kita bak suara merdu elpi sukesih nyanyi dan gak usah mempedulikan sekeliling (gowes aja susah gimana mikirin yg lain), sesekali boleh sih nengok kiri- kanan kali-kali ada warung ndak buat pitstop atau nawarin pila hehehe, kalo ndak ada ya cuek aja lanjut gowes slow but suwe liat ban depan kita, jangan lupa berdoa semoga cepat berakhir penderitaan (nanjak) ini - kapok lombok (cabe/sambel) untuk tidak mengulanginya; yg ini serius untuk mengusir kejenuhan saat gowes bego bin autis bisa juga bawa mp3 player.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar