Tips cara untuk mencuci sepeda MTB
www.sebuahtips.info>, Jakarta-Sepeda gunung (MTB) adalah sepeda yang sering dan bahkan selalu kotor karena selalu digowes melewati baik melalui medan off-road kering maupun off-road basah.
Medan yang terakhir ini kadang membuat Sepeda MTB Anda menjadi ‘belepotan’, penuh dengan tanah basah yang menempel di seluruh bagian sepeda Anda, baik frame, ban maupun gear anda. Hal ini tentunya membutuhkan penanganan khusus ketika membersihkannya.
Berikut ini tips mencuci sepeda MTB langkah-demi-langkah:
1. Air Sabun.
Pertama-tama gunakan air sabun (detergen) untuk menghilangkan dan melarutkan lumpur atau tanah kotor dari seluruh body speda dan ban, menggunakan kain, sikat dan kuas. Hindari penyemprotan langsung air ke seluruh body sepeda. Karena dikhawatirkan air akan turut masuk ke laker dan gear, dimana nantinya justru akan membuat karat di dalamnya.
2. Gunakan Bensin.
Khusus untuk membersihkan gear, fork – untuk jenis single/double crown – laker ban, rantai (chain) atau persendian yang lain, gunakan bensin untuk melarutkan kotoran dengan bantuan kuas. Khusus untuk rantai, bersihkan secara khusus segmen per segmen rantainya dari pasir untuk memperlancar gesekan antar segmen.
3. Oli
Setelah seluruh sepeda bersih dari kotoran/lumpur dan tanah, semprotkan oli (pelumas) ke bagian-bagian persendian tersebut, seperti rantai, gear, suspension fork, dan sebagainya. Pelumas juga dapat dipergunakan untuk menghilangkan jamur aluminium yang seringkali muncul pada bagian breaker-handle.
4. Pelapis Body
Gunakan pelapis body/cat – seperti pelapis body mobil – untuk memperkilau cat sekaligus menjaga warnanya supaya tidak lekas pudar.
5. Semir Ban
Gunakan semir ban, untuk lebih mempercantik penampilan sepeda MTB anda. Karena Ban merupakan salah satu komponen dominan dari sepeda MTB Anda. Kini sepeda anda nampak seperti baru kembali. [dari berbagai sumber]